Sabtu, 08 Oktober 2016

Deskripsi diri sendiri dalam Tes Papiqostik



AKU

       Peran sebagai pemimpin jujur saya tidak punya passion disitu. Cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja. Selama ini saya belum dapat memimpin siapapun tetapi saya dapat menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Mengendalikan amarah, memotivasi diri sendiri, baik saat susah maupun senang. Mengikuti kegiatan apapun entah itu organisasi fakultas maupun ukm, jujur saya belum dapat menjadi pemimpin yang baik bagi anggota maupun orang lain. Menjalan tugas sebagai koordinator dari sie apapun di dalam kepanitiaan hanya dapat menjalankan semampunya tapi rasanya belum maksimal. Sama seperti kemampuan saya dalam mengendalikan orang lain yang kurang begitu bagus. Jujur saya kurang begitu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan mengendalikan orang lain dan diri sendiri pun juga tidak mau di kendalikan orang lain, yang mengendalikan diri sendiri hanyalah diri kita bukan orang lain. Saya hanya berlaku biasa saja pada orang lain dan tidak mau kalau orang lain sampai mengendalikan diri kita. Menurut saya mereka tidak berhak atas diri kita yang mengendalikan siapapun. Intinya menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.

            Di dalam pekerjaan saya senang membantu atasan saya, apalagi kalau meminta bantuan langsung maka akan sangat senang sekali. Serasa kalau diri ini di butuhkan dan di anggap kalau berkerja di situ maupun dapat di percaya untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dan masalah yang ada di tempat kerja, dengan begitu diri ini akan merasa kalau ada dukungan dari atasan yang selalu mendukung dalam hal moril maupun material tetapi dukungan moral sebenarnya yang sangat penting. Selain itu, saya juga tipe orang yang lumayan taat pada aturan dan pengawasan. Tetapi jika peraturan itu terlalu memberatkan diri saya, sepertinya akan berpikir dua kali untuk mengikuti aturan tersebut. Kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuk diri sendiri Karena saya tipe orang yang tidak mau di atur oleh siapapun termasuk oleh peraturan yang terlalu mengikat dan pengawasan yang membuat pusing tujuh keliling. Karena saya orang yang ingin merdeka tanpa ingin di atur oleh siapun termasuk peraturan dan jika peraturan tersebut memberatkan, seperti harus ini itu bla bla bla dan sebagainya dan hidup ini dibuat simple saja. 

         Tipe teorities saya juga lumayan orang yang bertipe seperti itu karena setiap kali ngomong dengan siapapun, saya selalu mengeluarkan kata-kata dengan teori-teori yang saya tahu. Misal, ketika berbicara soal masalah psikologi, maka saya akan berbicara dengan teori psikologi yang saya tahu. Selain itu jujur saya orang yang semangat dalam apapun. Aktif secara fisik, cenderung sportif. Saya berusaha untuk selalu tersenyum dan semangat tiap hari dalam menjalani hari-hari yang begitu melelahkan entah itu kuliah maupun kegiatan organisasi yang tentunya banyak menyita waktu, tenaga, pikiran, materi, dan perasaan. Tetapi itu semua akan terbayarkan jika sudah masuk dan terjun langsung dalam organisasi. Rasa lelah dan letih tak ada apa-apanya di banding dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapat. Apalagi kalau membicarakan soal masa depan makin semangat ini. Semangat itu pun juga saya terapkan pada pekerjaan. Setiap pekerjaan apapun saya jalani dengan penuh semangat. Pekerjaan tersebut mulai dari yang terperinci maupun yang detail sekalipun. Karena pekerjaan yang detail membutuhkan ketelitian yang super ekstra dan membutuhkan kefokusan dari para karyawan. Jadi, sangat tertantang untuk bekerja pada hal datail. 

         Pekerjaan detail itu pun juga membutuhkan kesabaran dan keteraturan dari karyawan tersebut. Saya termasuk orang yang teratur tetapi tidak tergolong fleksibel dan menyukai hal- terperinci dalam hal apapun baik mengenai kehidupannya maupun hal lain. Keteraturan tersebut juga membutuhkan perhatian dari sendiri. Termasuk saya yang tentunya juga senang jika diperhatikan oleh orang lain dan memiliki pola perilaku yang unik. Karena kita akan merasa kalau ada orang lain yang memperhatikan dan peduli dengan diri kita. Dengan begitu diri ini tidak akan merasa sendiri dan kesepian. Perhatian itu dapat kita dapatkan bukan hanya dari keluarga, pacar, akan tetapi dari teman dan sahabat di sekitar kita. Dengan begitu dapat membuka pikiran dan terbuka dengan apapun. Mampu berhubungan dan bekerjasama dengan baik dengan orang lain. Dengan begitu pergaulan kita akan luas dan link akan bertambah banyak. Saya termasuk orang yang mudah bergaul dan pandai berteman. Selama ini teman-teman saya pun juga banyak dan selama ini pun baik-baik saja. Akan tetapi saya bukan tipe orang yang suka membuat geng maupun masuk dalam geng apapun. Saya hanya ingin berteman dengan siapapun tanpa melihat latar belakangnya entah dia darimana dan apapun itu. Karena bagi saya geng temannya hanya itu-itu saja dan kurang dapat bergaul dengan orang lain dan saya hanya butuh diterima, tapi tidak mudah dipengaruhi kelompok.

Saya juga tipe orang yang menyayangi dan mendekat, akan tetapi tidak dapat menerima orang mendekat hanya karena tujuan dan maksut tertentu dengan alasan apapun. Saya sangat tergantung tetapi butuh penerimaan diri. Dengan mencoba mendekat dan mau terbuka dengan hal-hal baru tentunya akan membuka wawasan kita untuk mau berubah ke hal yang positif. Karena diri ini juga membutuhkan untuk berubah semakin baik lagi. Saya orang yang mau menerima hal-hal baru yang mampu membawa saya menjadi lebih baik lagi. Akan tetapi, saya mempunyai permasalahan dalam hal emosi yaitu saya kurang dapat mengendalikan emosi dan mudah marah. Apalagi kalau mood sedang tidak bagus dan ada yang mengganggu sampai membuat ingin marah rasanya ingin teriak sekeras-kerasnya. Akan tetapi selama ini saya mencoba untuk menahan dan tetap sabar jangan sampai menyakiti hati orang lain. Permasalahan dan tugas sebisa saya selesaikan secara pribadi tanpa melibatkan orang lain dan  bertanggung jawab pada pekerjaan. Kerja mandiri dan percaya pada diri sendiri itu keyakinan yang saya pegang. Karena setiap hasil membutuhkan kerja keras. Setiap impian yang saya miliki harus dicapai dengan kerja keras. Baik impian yang kecil maupun yang besar seperti impian untuk berprestasi pun juga pastinya ada dalam setiap masing –masing orang tapi tinggal orang itu bagaimana mewujudkannya, dan saya orang yang termasuk dalam itu. Impian berprestasi terbesar saya yaitu mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri. Amin Ya Allah.

            Hal yang paling penting dari semua itu adalah keberanian dalam mengambil keputusan. Keputusan apapun entah itu mulai dari yang paling berat hingga keputusan mudah. Keputusan kita menentukan nasib sesuatu yang kita jalani. Saya tipe orang yang mampu dalam mengambil keputusan meskipun kadang terasa sulit untuk menentukan mana yang harus dipilih dan keputusan apa yang harus diambil. Intinya berhati hati – lancar dan mudah mengambil keputusan. Dan saya orang yang suka dengan kesibukan. Karena dengan saya sibuk, saya dapat menggunakan waktu untuk hal yang berguna daripada untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti nongkrong tanpa tujuan dan alasan yang jelas apalagi hanya untuk main-main saja, hanya akan membuang-buang waktu dan uang saja. Saya bukan tipe orang yang suka membuat orang lain marah apalagi melakukan serangan seperti jahat dengan orang lain karena saya sendiri juga tidak mau kalau di jahati dengan orang lain, dan menyukai suasana dan lingkungan yang tenang. Paling tidak suka dengan kondisi konflik karena akan sangat menggangu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar